Wonosari Juga Terjadi Gerhana Matahari Total

WONOSARI – Berdasarkan data astronomis pada Rabu, 9 Maret 2016, beberapa wilayah di Indonesia akan terjadi gerhana matahari total, khusus di Kabupaten Bengkalis diperkirakan terjadi gerhana sekitar pukul 06.23 WIB – 08.29 WIB.

“Riau bukan daerah lintasan gerhana matahari total (GMT). Saat terjadi gerhana pada pagi hari agak gelap saja terkena bayangan,” ujar Rahmat Triyono, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat.

Gerhana matahari total tidak boleh diamati dengan mata telanjang karena paparan cahaya matahari saat fenomena alam GMT bisa merusak lapisan retina mata yang berisi syaraf sensitif. Retina mata tidak memiliki sensor sakit sehingga saat menatap langsung seseorang cenderung mengabaikan dan tidak menyadari mata sedang berada dalam keadaan bahaya. Kerusakan pada retina akan berupa penglihatan kabur yang dapat dialami selama beberapa jam sampai kerusakan permanen hingga kebutaan.

Cara yang paling aman untuk mengamati gerhana matahari total dengan menggunakan alat yang telah dilengkapi oleh filter khusus, bukan kaca mata hitam biasa. “Orangtua harus mengawasi anak-anaknya agar tidak melihat secara langsung gerhana matahari tanpa menggunakan filter yang aman,” tegas Landung.

Beliau juga menghimbau kepada seluruh warga Desa Wonosari untuk bersama-sama melakukan shalat gerhana sesuai ajakan yang telah disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (FAS/Pers Desa)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan