Kasat Binmas Lakukan Pengukuran dan Pemasangan Batas Kanal Blocking di Desa Wonosari

Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Bengkalis, AKP Anindhita Rizal, Rabu (3/2/2016) melakukan pengukuran dan pemasangan batas guna pembangunan blok kanal pada lahan gambut. Pembuatan blok kanal dilakukan di Jalan Wonosari Tengah Dusun Tanjung Sari bersama Kepala Desa Wonosari, anggota Linmas, aparat desa dan beberapa masyarakat setempat.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari peninjauan Tim Polda Riau yang diketuai Karo Ops Polda Riau Kombes Pol Edi Setio Budi Santoso pada Selasa (2/3/2016) dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Desa Wonosari merupakan Pilot Project dari Sat Binmas Polres Bengkalis dan Polda Riau sebagai desa percontohan yang bisa diikuti oleh desa lainnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa Pulau Bengkalis khususnya desa Wonosari mengalami kemarau panjang sampai bulan Juni 2016. Pembuatan blok kanal ini merupakan salah satu cara mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran pada musim kemarau seperti tahun-tahun sebelumnya yang mengakibatkan kabut asap dan mengganggu aktifitas masyarakat serta menyebabkan gangguan kesehatan.

Pemasangan batas untuk blok kanal ini dilakukan di 10 titik, dan setiap titik berjarak 300 meter. Kepolisian Kabupaten Bengkalis mempersiapkan kayu panjang yang berfungsi sebagai tanda dan meteran pengukur air. Setiap kayu telah diberi ukuran mulai 1 meter sampai 2 meter.

“Dengan adanya kanal bloking ini diharapkan bisa memberi kelembaban lingkungan tanah agar tidak kering sehingga mencegah terjadinya kebakaran. Meskipun terjadi kebakaran, adanya kanal blocking ini dapat membantu pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) dalam memenuhi kebutuhan pasokan air sehingga api dapat segera dipadamkan,” jelas AKP Anindhita Rizal.

Beliau juga menghimbau warga untuk bersama-sama membersihkan lingkungan kanal blocking agar aliran air dapat berjalan lancar. Selain itu masyarakat juga disarankan agar tidak membuang puntung rokok dan membakar sampah sembarangan dan hal-hal lain yang dapat menyebabkan kebakaran.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan