POLDA RIAU LAKUKAN TINJAUAN LOKASI PEMBUATAN BLOK KANAL DESA WONOSARI

WONOSARI- Tim Polda Riau yang diketuai Karo Ops Polda Riau Kombes Pol Edi Setio Budi Santoso, Selasa (2/3/2016) meninjau lokasi pembutan sekat dan blok kanal di jalan wonosari Tengah Desa wonosari. Peninjauan ini di dampingi langsung oleh Kepala Desa Wonosari Suswanto. 

Saat ini Desa Wonosari menjadi pilot project dari Sat Binmas Polres Bengkalis dan Polda Riau sebagai salah satu desa percontohan yang bisa diikuti oleh desa lainnya. langakah ini  dilakukan sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Bengkalis. 

Memasuki musim kemarau panjang seringkali terjadi karhutla, terutama di pulau sumatra dan kalimantan. Tanpa disadari setiap tahunya Provinsi Riau selalu menjadi  langganan dari kebakaran hutan dan lahan ini. salah satu Kabupaten di Riau yang kerap kali menjadi langganan karhutla adalah kabupaten bengkalis.

Oleh karena itu, Tim Polda Riau lakukan peninjauan kesiapan menghadapi musim kemarau panjang yang sering kali memicu terjadi karhutla di kabupaten bengkalis yang di fokuskan di Desa Wonosari. Dalam paparanya Kepala Biro Ops Polda Riau Kombes Pol Edi Setio Budi Santoso yang dulunya  juga pernah menjabat sebagai Kapolres Bengkalis mengatakan, upaya pencegahan di daerah rawan kebakaran sangat penting dilakukan, terlebih daerah dengan tekstur tanah gambut, mengingat lahan gambut jika sudah terbakar akan sangat sulit di padamkan.

Selanjutnya untuk mengantisipasi karhutla, polda riau mencanangkan pilot project berupa pembuatan sekat atau blok kanal, blok atau sekat ini nantinya akan berfungsi agar air dapat terbendung dan meresap ke tanah gambut di sekitarnya, sehingga tanah tetap basah dan lembab, hal ini dapat menceggah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. kegiatan ini  nantinya akan diberdayakan oleh masyarakat setempat dan melibatkan perusahaan terkait beserta tim dari polda riau. 

Dikatakan suswanto, kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat, apalagi wonosari menjadi desa percontohan bagi desa lainnya, tentunya ini menjadi suatu kebanggan tersendiri, kami ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak terkait terutama kepada jajaran polda riau yang telah sdikit banyaknya membantu desa kita.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan